Kamis, 01 Juni 2017

Konsep dasar animasi komputer

Konsep dasar animasi komputer

Metode ini mengandalkan kemampuan animator secara penuh.
Seluruh gerakan dibuat dengan insting dan skill animator. Biasanya
digunakan untuk jenis animasi bergaya kartun, seperti Cars, F inding Nemo,
Toy Story, dan lainnya, karena sifat gerak dari karakter yang ada disitu
adalah hasil rekaan manusia, yang tentunya sudah di lebih-lebihkan (juga
menggunakan prinsip animasi yang lain).
b. Motion Capture
Motion capture adalah metode animasi yang menggunakan
bantuan gerak karakter aslinya dan dipindahkan geraknya dengan alat
motion capture, kemudian di aplikasikan ke objek digital. Teknik ini tentu
akan membuat gerakan yang sama dengan aslinya; misalnya pada film
Avatar, Final Fantasy, Polar Express, Beowulf, dan beberapa film dengan
spesial efek, seperti Lord of the ring, Last samurai.
c. Dynamic simulation
Metode ini menggunakan penghitungan secara fisika pada objek
yang akan di animasikan, lalu disimulasikan secara realtime. Terdapat
beberapa penghitungan sebelum objek di animasikan, misalnya berat atau
massa benda, gaya gravitasi, benturan, kekuatan angin dan lain sebagainya.
Contoh animasi yang menggunakan metode ini adalah animasi bola jatuh,
kain, percikan air, benda hancur, rambut dll.
d.Particle
Particle adalah sekumpulan objek yang dapat dianimasikan secara
bersamaan membentuk sebuah pola, misalnya asap, daun berguguran, api,
hujan, salju, segerombolan burung, dan sebagainya. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar