Senin, 05 Oktober 2015

macam-macam dan jenis-jenis komputer

Macam-Macam Dan Jenis-Jenis Komputer

jenis komputer
Macam-Macam Dan Jenis-Jenis Komputer --- Post kali ini Rizalzalle akan membahas menyangkut Teknik Komputer Jaringan, yaitu macam-macam jenis komputer. Siapa tahu diantara kamu belum mengetahui bahwa komputer memiliki banyak jenisnya, baik melalui bentuk - kapasitas dan ukurannya.

Dalam perkembangannya ukuran komputer selalu mengalami perubahan dari waktu ke waktu. Seiring dengan perkembangan teknologi komputer, ukuran komputer menjai semakin kecil dan ringkas. Selain itu, kemampuannya juga semakin baik.


Jenis - jenis komputer yang ada antara lain, yaitu :


Super Computer

Jenis Komputer - Super Computer
Super Computer


Super komputer adalah sebuah komputer yang memimpin di dunia dalam kapasitas proses, terutama kecepatan perhitungan. Super komputer diperkenalkan pada tahun 1960-an, di desain oleh Seymout Cray di Control Data Corporation (CDC).

Pada tahun 1980-an beberapa pesaing kecil memasuki pasar, yang bersamaan dengan penciptaan komputer mini dalam dekade sebelumnya. Searang ini, pasar super komputer di pegang oleh IBM dan HP, meskipun Cray Inc. masih menspesialkan dalam pembuatan superkomputer.



MainFrame

Jenis komputer - Mainframe
Mainframe


Komputer Mainframe merupakan komputer yang mampu mengolah miliaran perintah setiap detiknya. Oleh karena itu, komputer ini sangat bermanfaat untuk memproses jutaan transaksi. Komputer ini umumnya digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar seperti bank, perusahaan penerbangan, perusahaan asuransi, dan perguruan tinggi.





Workstation

macam komputer - Workstation
Workstation


Kemampuan komputer ini setara dengan komputer mainframe yang berukurang sedang. Kegunaannya antara lain untuk membantu perhitungan dalam bidang sains dan teknik. Workstation juga memiliki keunggulan dalam pemrosesn bidang grafis.


MicroComputer


MicroComputer itu sendiri terdiri atas beberapa varian, yaitu :

a) Personal Computer (Komputer Personal)

jenis komputer - Personal computer

PC (Personal Computer)


Komputer meja disebut juga desktop PC. Komputer yang "rumah-rumahan"-nya dapat diberdirikan disebut tower PC (komputer "menara").

b) Desktop Computer : Komputer personal, yang dapat diletakan di atas meja.


c) Laptop Computer : Komputer yang dapat dimasukkan ke dalam tas dan dibawa dengan mudah


d) Notebook Computer : Mirip dengan laptop.

jenis komputer - laptop atau notebook
Notebook


Komputer Jinjing disebut juga dengan notebook. Tampilannya memang mirip buku catatan. Dan karena dapat ditaruh di pangkuan, komputer ini juga disebut laptop.






jenis komputer - Palmtop
Palmtop

e) Palmtop Computer : Komputer Genggam.

Komputer Genggam disebut juga paltop. Fungsi utama komputer ini adalah mencatat agenda kerja. Oleh karena itu, komputer genggam juga sebagai asisten pribadi (personal digital assistant).





Sekian artikel Rizalzalle mengenai macam-macam jenis komputer yang telah saya share, maaf bila ada kesalahan, karena kita tahu bahwa dunia Teknologi berkembang dengan cukup cepat.
Thanks and Wassalam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar