Kamis, 08 Oktober 2015

Macam-macam Sistem Operasi


Macam-macam Sistem Operasi


KEGIATAN BELAJAR 1
MENUNJUKKAN MACAM MACAM SISTEM OPERASI
  1. Tujuan Kegiatan Pembelajaran
Setelah menyelesaikan kegiatan belajar ini siswa mampu :
  1. Menjelaskan pengertian dan fungsi sistem operasi
  2. Menjelaskan struktur sistem operasi
  3. Menjelaskan macam-macam sistem operasi
  4. Uraian Materi
    1. Pengertian dan fungsi sistem operasi
Sistem operasi merupakan salah satu komponen utama dari sebuah “sistem komputer”. Komponen komputer lainnya ialah “perangkat keras”, “perangkat lunak aplikasi”, dan “para pengguna” . “Perangkat keras” merupakan penyedia sumber daya untuk komputasi. Perangkat keras merupakan benda konkret yang dapat dilihat dan disentuh. Perangkat lunak merupakan sarana yang memberitahukan perangkat keras apa yang harus dikerjakannya. Berbeda dengan perangkat keras, perangkat lunak merupakan benda abstrak yang hanya dapat dilihat dari sudut apa yang dilakukannya terhadap perangkat keras. Perangkat lunak dibagi lagi menjadi dua bagian yaitu “sistem operasi” dan “program aplikasi”. Program aplikasi merupakan perangkat lunak yang menentukan bagaimana sumber daya digunakan untuk menyelesaikan masalah para pengguna. Terakhir, istilah “pengguna komputer” yang dimaksud di sini dapat berupa manusia, program aplikasi lain, atau pun komputer lain.
Secara lebih rinci, sistem operasi didefinisikan sebagai sebuah program yang mengatur perangkat keras komputer, dengan menyediakan lsan untuk aplikasi yang berada di atasnya, serta bertindak sebagai penghubung antara para pengguna dengan perangkat keras. Sistem operasi bertugas untuk mengendalikan (kontrol) serta mengkoordinasikan pengunaan perangkat keras untuk berbagai program aplikasi untuk bermacam-macam pengguna. Dengan demikian, sebuah sistem operasi bukan merupakan bagian dari perangkat keras komputer, dan juga bukan merupakan bagian dari perangkat lunak aplikasi komputer, apalagi tentunya bukan merupakan bagian dari para pengguna komputer.
Pengertian dari sistem operasi dapat dilihat dari berbagai sudut pandang. Dari sudut pandang pengguna, sistem operasi merupakan sebagai alat untuk mempermudah penggunaan komputer. Dalam hal ini sistem operasi seharusnya dirancang dengan mengutamakan kemudahan penggunaan, dibandingkan mengutamakan kinerja atau pun utilisasi sumber daya. Sebaliknya dalam lingkungan berpengguna-banyak (multi-user), sistem operasi dapat dipng sebagai alat untuk memaksimalkan penggunaan sumber daya komputer. Akan tetapi pada sejumlah komputer, sudut png pengguna dapat dikatakan hanya sedikit atau tidak ada sama sekali. Misalnya embedded computer pada peralatan rumah tangga seperti
mesin cuci dan sebagainya mungkin saja memiliki lampu indikator untuk menunjukkan keadaan sekarang, tetapi sistem operasi ini dirancang untuk bekerja tanpa campur tangan pengguna.
Dari sudut pandang sistem, sistem operasi dapat dianggap sebagai alat yang menempatkan sumber daya secara efisien (Resource Allocator). Sistem operasi ialah manager bagi sumber daya, yang menangani konflik permintaan sumber daya secara efisien. Sistem operasi juga mengatur eksekusi aplikasi dan operasi dari alat I/O. Fungsi ini dikenal juga sebagai program pengendali (Control Program). Lebih lagi, sistem operasi merupakan suatu bagian program yang berjalan setiap saat yang dikenal dengan istilah kernel.
Dari sudut pandang tujuan sistem operasi, sistem operasi dapat dipandang sebagai alat yang membuat komputer lebih nyaman digunakan (convenient) untuk menjalankan aplikasi dan menyelesaikan masalah pengguna. Tujuan lain sistem operasi ialah membuat penggunaan sumber daya komputer menjadi efisien.
Jadi Sistem Operasi merupakan komponen yang penting dalam sistem komputer karena berfungsi sebagai program  yang mengatur semua program yang ada di komputer, mulai mengenali masukan dari Input device, memproses masukan, serta mengirimkan keluaran  ke dalam Output device .
Hubungan Sistem operasi  dengan komputer dapat diibaratkan “jasad tanpa roh”, sehingga tanpa adanya sistem operasi, maka komputer tidak dapat dijalankan/difungsikan sama sekali.
  1. Struktur sistem operasi
Sistem operasi adalah perangkat lunak yang betugas untuk melakukan control dan manejemen perangkat keras serta operasi-operasi dasar sistem,termasuk menjalakan software aplikasi.
Sistem Operasi secara umum terdiri dari beberapa bagian :
  1. Mekanisme boot,yaitu meletakkan kernel ke dalam memori
  2. Kernel,yaitu inti dari sebuah sistem operasi
  3. Command Interpreter/shell,yang bertugas membaca input dari pengguna
  4. Pustaka-pustaka,yaitu yang menyediakan kumpulan fungsi dasar dan str yang dapat dipanggil oleh aplikasi lain
  5. Driver untuk berinteraksi dengan hardware eksternal,sekaligus untuk mengontrol mereka
  6. Macam-macam sistem operasi
Berdasarkan cara pengoperasiannya sistem operasi dibedakan menjadi 2 yaitu :
3.1.     Sistem Operasi Berbasis Teks
Sistem operasi berbasis teks adalah sistem operasi yang semata-mata menggunakan teks sebagai alat operasinya dengan menuliskan karakter tertentu pada area kerja sistem operasi. Contoh sistem Operasi berbasis teks adalah :
  1. DOS ( Disk Operating System).
Sistem ini berjalan dengan menggunakan prompt str yakni huruf yang menunjukkan drive aktif.
Pada saat ini PC yang menggunakan sistem operasi berbasis teks secara khusus sudah tidak dapat ditemukan lagi di pasaran. Akan tetapi pada sistem operasi Windows masih dapat ditemukan aplikasinya dengan menggunakan MS DOS prompt yang short cutnya disimpan pada menu Accesoris.
Disk Operating System dipakai pada media penyimpan disk, baik disket maupun harddisk
Sistem operasi PC DOS ( Personnal Computer Disk Operating System) ini ditujukan untuk pemakaian mikrokomputer IBM (IBM PC). Yang pada mulanya di tahun 1980, tim Petterson membuat opearting system membuat operating system untuk  Seatle Computer Product yang membutuhkan S-100 system dengan mempergunakan INTEL 8086. Operating system tersebut dinamakan QDOS (Quick and Dirty Operating System ). Pada akhir tahun 1980, QDOS dikembangkan dan diberi nama 86-DOS (DOS untuk 8086).
Beberapa produk DOS sampai saat ini adalah  :
  1. DOS 1.0
Versi ini merupakan versi DOS paling awal. Kemunculan versi ini dihubungkan dengan kemunculan IBM PC. Versi ini sangat sederhana dan kemampuannya terbatas.Versi ini tidak dipaka lagi karena tidak dapat lagi mendukung perkembangan software yang ada.
2. DOS 2.0
Dikeluarkan pada bulan maret 1983 bersama munculnya IBM PC/XT. Karena versi mempunyai beberapa kesalahan program maka diperbaiki dengan versi 2.10
3. DOS 3.0
Yang dimaksud dengan DOS 3.0 adalah PC-DOS 3.0 dan MS-DOS 3.05 yang merupakan DOS yang dikeluarkan untuk mendukung computer baru waktu itu yang disebut computer AT (advanced Technology). Versi ini mendukung pemakaian disk drive dengan kapasitas 1.2 megabyte dan pemakaian RAMDisk (VDISK) dengan menggunakan extended memory yang tidak dapat dipakai langsung oleh DOS versi ini.
4. DOS 3.1
Diluncurkan pada bulan maret 1985 Kelebihan DOS ini adanya dukungan terhadap system network computer.
5. DOS 3.2
PC DOS 3.2 dikeluarkan bersamaan dengan diluncurkannya computer laptop. Versi mampu memanfaatkan disk drive dengan ukuran 3.5 inci ukuran 720 kilobyte yang biasanya dipakai pada computer laptop.
6. DOS 3.3
IBM pada tahun 1987 mengeluarkan versi DOS 3.3 Kemampuan DOS 3.3 yang ditambahkan dari DOS sebelumnya adalah kemampuan memakai harddisk sebanyak 32 megabyte per logical drive (1 drive logika)
7. DOS 4.0
Mempunyai 3 versi DOS yaitu PC-DOS 4.0, PC-DOS 4.01 dan MS-DOS 4.01. PC DOS 4.0 merupakan versi pertama yang dikeluarkan  pada bulan juli 1988, karena DOS ini banyak kesalhan maka dikeluatkan PC-DOS 4.01. Versi DOS 4.0 mempunyai fasilitas Shell dari DOS untuk mengontrol kerja computer dengan system menu.
8. DOS 5.0
Diluncurkan pada tahun 1991 dengan fasilitas baru seperti MIRROR, UNDELETTE dan UNFORMAT.
9. DOS 6.0
Diluncurkan pada bulan maret 1993. Ditambahkan beberapa utility baru dan penambahan perintah-perintah konfigurasi system dan batch file.
10. Unix
Unix adalah sistem operasi komputer yang diawali dari project Multics (Multiplexed Information and Computing Service) pada tahun 1965 yang dilakukan American Telephone and Telegraph (AT &T)dan Institut Teknologi Massachusetts (MIT). Unix didesain sebagai sistem operasi yang portable, multi tasking dan multi user
3.2.     Sistem Operasi Berbasis Grafik (GUI = Graphical User Interface)
Pada sistem operasi berbasis GUI cara mengoperasikan dengan menu-menu yang sudah disediakan sehingga tidak perlu menuliskan karakter tertentu.
Sistem Operasi berbasis GUI  terbagi menjadi 3 kelompok besar :
a.    Microsoft Windows
Microsoft Windows atau yang lebih dikenal dengan sebutan Windows adalah sistem operasi yang dikembangkan oleh Microsoft dengan menggunakan antar muka pengguna grafis. Windows versi pertama Windows Graphic Environment 1.0 pertama  kali diperkenalkan pada 10 November 1983 tetapi baru dipasarkan bulan November 1985.
Jenis-jenis sistem operasi Windows antara lain sebagai berikut :
  1. Microsoft Windows 98
2. Windows XP
Windows XP (Experience) pertama kali dirilis pada 25 Oktober 2001
3. Windows Vista
Windows Vista pertama kali dirilis pada tanggal 30 Januari 2007.
4. Windows 7
Windows 7 pertama kali dirilis ke publik pada tanggal 22 Oktober 2009
5. Windows 8
Windows 8 pertama kali dirilis ke publik pada tanggal 26 Oktober 2012
b.     Linux
Linux adalah nama yang diberikan kepada sistem operasi komputer bertipe unix. Nama Linux berasal dari nama pembuatnya yaitu yang diperkenalkan tahun 1991 oleh Linus Torvalds.
Linux termasuk keluarga Unix menggunakan antarmuka system operasi POSIX,seperti SCO UNIX,keluarga BSD (Berkeley Software Distribution),GNU/Linux,MacOS/X (berbasisi kernel BSD yang dimodifikasi,dan dikenal dengan nama Darwin) dan GNU/Hurd.
c.    Mac OS
Sistem Operasi yang hanya dapat digunakan untuk computer keluaran Apple yang biasa disebut Mac atau Macintosh. Macintosh diperkenalkan pertama kali pada bulan Januari 1984 lewat iklan Super Bowl. Macintosh adalah yang pertama memperkenalkan sistem operasi berbasis antar muka grafis (GUI). Versi macintosh cukup banyak diantaranya Macintosh 128 K (1984), Macintosh Plus (1986), Macintosh Quadra (1991), Macintosh Centris (1993), Power Macintosh (1994), iMac (1998), iBook (1999), Power Bookk G4 (2001), eMac (2002), Sistem Operasi yang terbaru adalah Mac OS X versi 10.6 (Snow Leopard).Musim panas 2011 direncanakan peluncuran versi 10.7 (Lion).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar